Iklan

Sunday, 4 June 2017

Puasa wajib dan Alternatif dalam Al-Qur’an



Macam-macam puasa wajib dan Alternatif dalam Al-Qur’an


Puasa Wajib dan alternatif dalam Al-Qur'an
Hukum melaksanakan ibadah  puasa didalam Al-Qur’an bermacam-macam mulai  dari yang wajib, sunah, haram, makruh sampai alternatif.

Puasa alternatif yang dimaksud adalah puasa yang dilakukan seseorang karena melakukan pelanggaran hukum agama dan  ingin memperbaiki kesalahannya  tersebut dengan berpuasa sebagai salah satu pilihan dari pilihan lain diperbolehkan menebus kesalahannya.

Adapun diantara puasa wajib dan puasa alternatif yang terdapat didalam al-Qur’an berdasarkan urutan nomor suratnya antara lain:  

#1.  Puasa Wajib dibulan Ramadhan

Puasa dibulan ramadhan merupakan puasa yang hukumnya wajib atau fardu ain bagi orang – orang yang beriman yang telah balig dan berakal sehat  selama sebulan penuh Qs Al-Baqarah(2) : 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

#2.  Puasa Qadha diluar bulan Ramadhan

Puasa Qodha adalah puasa bayar hutang diamana seseorang karena alasan yang diperbolehkan atau udzur tidak melaksanakan puasa ramadahan seperti sakit atau berpergian, datang bulan atau nifas bagi perempuan.

Maka diluar bulan ramadhan ia wajib berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkannya sebagaimana firman Allah swt dalam Qs.Al-Baqarah(2) : 184 

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Artinya :”Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain”.

#3.Puasa Alternatif sebagai fidyah karena bercukur waktu haji

Orang yang bercukur  sebelum sampai ditempat penyembelihan qurban bagi orang yang Haji karena suatu sebab dikepalanya ada penyakit boleh memiih berpuasa, shodaqoh atau berqurban sebagaimana firman Allah dalam Qs. Al-Baqarah (2):196 

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ وَلا تَحْلِقُوا رُءُوسَكُمْ حَتَّى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهُ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ بِهِ أَذًى مِنْ رَأْسِهِ فَفِدْيَةٌ مِنْ صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ

Artinya : Dan sempurnakanlah ibadah haji dan `umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. 

Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfidyah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban”

#4.  Berpuasa karena Haji Tamattu

Haji tamattu adalah mengerjakan ibadah haji yang didahului dengan ibadah umroh sebelum haji dimusim haji sebagaimana firman Allah swt dalam Qs. Al-Baqarah (2):196  

فَإِذَا أَمِنْتُمْ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ فِي الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ذَلِكَ لِمَنْ لَمْ يَكُنْ أَهْلُهُ حَاضِرِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya : Apabila kamu telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan `umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), wajiblah ia menyembelih) korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan binatang korban atau tidak mampu), 

maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. 

Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidilharam (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya.”

#5.  Berpuasa tobat karena membunuh tanpa sengaja

Orang yang tanpa sengaja dan tidak ada niat sedikitpun membunuh seorang baik muslim atau bukan muslim yang dibunuhnya tersebut seperti kecelakaan lalu lintas dll,

maka bila dia ingin bertobat dari kesalahannya tersebut hendaknya ia memerdekakan budak muslim, membayar diat atau puasa dua bulan berturu-turut sebagaimana firman Allah swt dalam Qs. An-Nisa(4) : 92

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ أَنْ يَقْتُلَ مُؤْمِنًا إِلا خَطَأً وَمَنْ قَتَلَ مُؤْمِنًا خَطَأً فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ وَدِيَةٌ مُسَلَّمَةٌ إِلَى أَهْلِهِ إِلا أَنْ يَصَّدَّقُوا فَإِنْ كَانَ مِنْ قَوْمٍ عَدُوٍّ لَكُمْ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ وَإِنْ كَانَ مِنْ قَوْمٍ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِيثَاقٌ فَدِيَةٌ مُسَلَّمَةٌ إِلَى أَهْلِهِ وَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ تَوْبَةً مِنَ اللَّهِ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

artinya : Dan tidak layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja), 

dan barang siapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) bersedekah. 

Jika ia (si terbunuh) dari kaum yang memusuhimu, padahal ia mukmin, maka (hendaklah si pembunuh) memerdekakan hamba-sahaya yang mukmin. 

Dan jika ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang mukmin. 

Barang siapa yang tidak memperolehnya, maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai cara tobat kepada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”
  
#6.  Puasa kafarah sumpah

Sumpah adalah ucapan dengan lafal Demi Allah dalam bahasa indonessia ,atau  (Wa Allahi, Ta Allahi, atau Bi Allahi dalam bahasa arab)

Sumpah diucapkan untuk membuktikan bahwa orang yang bersumpah adalah orang yang benar, dan apabila dia berdusta maka akan mendapat dosa yang besar

dan untuk bertobat dari sumpah palsu, maka orang yang bersumpah tersebut dapat ditebus dengan beberapa alternatif

seperti memberi makan 10 orang miskin, atau memberi pakaian atau memerdekakan budak atau puasa selama tiga hari sebagai mana firman Allah swt dalam Qs. Al-Ma’idah(5):89

لا يُؤَاخِذُكُمُ اللَّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا عَقَّدْتُمُ الأيْمَانَ فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ ذَلِكَ كَفَّارَةُ أَيْمَانِكُمْ إِذَا حَلَفْتُمْ وَاحْفَظُوا أَيْمَانَكُمْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

artinya : Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, 

maka kafarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. 

Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kafaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kafarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). 

Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).”

#7.  Berpuasa karena membunuh binatang buruan ketika Ihrom

Orang yang sedang melaksanakan ihrom dalam ibadah haji atau umroh tidak diperkenankan untuk membunuh binatang buruan yaitu binatang darat yang halal dimakan yang ada disekitar tempat melaksanakan ibadah tersebut. 

Bila dengan sengaja membunuhnya maka orang tersebut harus menebusnya dengan binatang ternak yang sama atau memberi makan orang miskin atau berpuasa sebagai mana firman Allah swt dalam Qs.Al-Maidah(5):95

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَقْتُلُوا الصَّيْدَ وَأَنْتُمْ حُرُمٌ وَمَنْ قَتَلَهُ مِنْكُمْ مُتَعَمِّدًا فَجَزَاءٌ مِثْلُ مَا قَتَلَ مِنَ النَّعَمِ يَحْكُمُ بِهِ ذَوَا عَدْلٍ مِنْكُمْ هَدْيًا بَالِغَ الْكَعْبَةِ أَوْ كَفَّارَةٌ طَعَامُ مَسَاكِينَ أَوْ عَدْلُ ذَلِكَ صِيَامًا لِيَذُوقَ وَبَالَ أَمْرِهِ عَفَا اللَّهُ عَمَّا سَلَفَ وَمَنْ عَادَ فَيَنْتَقِمُ اللَّهُ مِنْهُ وَاللَّهُ عَزِيزٌ ذُو انْتِقَامٍ

Artinya :Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sedang ihram. 

Barang siapa di antara kamu membunuhnya dengan sengaja, maka dendanya ialah mengganti dengan binatang ternak seimbang dengan buruan yang dibunuhnya, menurut putusan dua orang yang adil di antara kamu, sebagai had-ya yang di bawa sampai ke Kakbah, 

atau (dendanya) membayar kafarat dengan memberi makan orang-orang miskin, atau berpuasa seimbang dengan makanan yang dikeluarkan itu, supaya dia merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya. 

Allah telah memaafkan apa yang telah lalu. Dan barang siapa yang kembali mengerjakannya, niscaya Allah akan menyiksanya. Allah Maha Kuasa lagi mempunyai (kekuasaan untuk) menyiksa.”

#8.  Berpuasa Nazar

Nazar adalah janji untuk melakukan sesuatu kebaiakan manakala cita-citanya atau hajatnya yang baik tidak bertentangan dengan syariat islam terpenehui

Misalnya seorang siswa bila lulus sekolah akan berpuasa dan kemudian dia lulus maka setelah lulus dia wajib berpuasa sesuai jumlah yang dinazarkannya atau nazar lainnya

Contoh nazar didanlam Al-Qur’an seperti nazarnya mariyam ibunda nabi Isa as dalam Qs. Maryam(19) : 26

فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا

Artinya : Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini".

#9.  Puasa untuk mendapat ampunan dan pahala  yang besar

Puasa adalah salah satu alternatif atau cara seorang beriman untuk mendekatkan diri kepada Allah swt guna mendapatkan ampunan dan pahala yang besar.

Dengan memperbanyak ibadah puasa sunah seperti, puasa senin kamis, puasa 6 hari bulan syawal atau puasa Daud dll akan mengundang ampunan dan pahala sebagamana disebutkan dalam Qs.Al-Ahzab(33) : 35

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًاإِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya :Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, 

laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, 

laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

#10. Puasa suami karena menzihar isterinya

Menzihar isteri perkataan suami yang menyerupakan isteri dengan ibu kandungnnya misalnya dengan menatakan punggungmu seperti punggung ibuku.

Ucapan suami seperti ini menyebabkan haramnya seorang suami untuk mempergauli isterinya sebagaimana haramnya anak menikahi ibunya karena itu jaga lidah baik-baik jangan asal bicara.

dan untuk membebaskannya agar dapat mempergauli kembali isteri yang telah diziharkan tersebut suami harus memerdekakan budak atau berpuasa dua bulan berturut-turut atau memberi makan 60 orang miskin sebagaimana dijelaskan dalam  Qs. Mujadalah (58) : 3- 4

وَالَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْ نِسَائِهِمْ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا قَالُوا فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا ذَلِكُمْ تُوعَظُونَ بِهِ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا فَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَإِطْعَامُ سِتِّينَ مِسْكِينًا ذَلِكَ لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ وَلِلْكَافِرِينَ عَذَابٌ أَلِيمٌ

artinya :
(3). Orang-orang yang menzihar istri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami istri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

(4). Barang siapa yang tidak mendapatkan (budak), maka (wajib atasnya) berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Maka siapa yang tidak kuasa (wajiblah atasnya) memberi makan enam puluh orang miskin. 

Demikianlah supaya kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan itulah hukum-hukum Allah, dan bagi orang-orang kafir ada siksaan yang sangat pedih.”


demikan macam-macam puasa wajib dan alternatif dalam Al-Qur’an semoga bermanfa’at amiin 



Friday, 2 June 2017

Karakter Manusia Menurut Al-Qur’an



Karakter Manusia Menurut Al-Qur’an

Karakter Manusia Menurut Al-Qur'an
Karakter manusia menurut Al-Qur’an secara umum tanpa membedakan apakah orang beriman atau orang yang tidak beriman, laki –laki atau perempuan   pada hakikatnya  memiliki kesamaan sifat yang melekat atau bawaan dari lahir

pada diri setiap individu  semua diberi hawa nafsu dan akal fikiran serta kemerdekaan untuk menentukan jalan hidupnya sendiri karena semua manusia Allah swt yang menciptakan dari bahan yang sama  dan dari garis keturunan yang sama pula yaitu nabi Adam as.

Sifat-sifat tersebut diantarannya Allah swt terangkan dalam Al-Qur’an adalah  :    

#1. Karakter  Manusia  menurut  Al-Qur’an pertama adalah  Suci atau Fitrah
  
Sifat manusia hakikatnya fitrah Qs. Al-A’rof (7) : 172

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ

Artinya : “Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?"

Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

          Ayat ini mengingatkan kita bahwa sebelum manusia lahir telah diambil kesaksiaannya akan keesaan Allah swt, oleh karenannya semua manusia pada hakikatnya beragama tauhid atau mengesakan Allah swt

namun kemudian setelah lahir kedunia ketauhidan seorang anak manusia akan sangat dipengaruhi oleh kedua orang tuanya, dan lingkungannya atau pergaulannya, serta pendidikannya,

karena itu Nabi Muhammad saw menjelaskan dalam hadist yang sangat popoler bahwa semua anak Adam lahir dalam keadaan Suci (fitrah/mengesakan Allah) maka kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan dia beragama Yahudi atau Nasrani.

#2. Karakter Manusia Menurut Al-Qur’an ke 2  adalah amat dzalim dan bodoh

Allah swt berFirman dalam Qs.Al-Ahzab (33) : 72


إِنَّا عَرَضْنَا الأمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الإنْسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولا

Artinya : “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat lalim dan amat bodoh,”

          Dzalim atau aniaya adalah merupakan salah satu sifat manusia yang paling menonjol yang disebabkan karena kebodohan diri sendiri, ada beberapa ke dzaliman yang dilakukan oleh manusia yakni :

ü Dzalim atau aniaya kepada diri sendiri  seperti merokok, mengkonsumsi narkoba, bunuh diri, meninggalkan sholat dan lain-lain karena kesemuanya dapat mengakibatkan keburukan pada orang yang bersangkutan.

ü Dzalim atau aniaya kepada orang lain seperti merampok, membunuh, korupsi dan perbuatan-perbuatan lain yang mengakiabtkan kerugian bagi orang lain walaupun sebenarnya kerugian tersebut akan kembali juga pada dirinya sendiri.


ü Dzalim kepada Alam dengan mengeploitasi hasil alam tanpa kendali dan tidak melakukan rehabilitasi.

ü Dzalim kepada Allah swt menganggap Allah sama dengan mahluk yang dapat mempunyai anak, istri, tidak kuasa menghidupkan kembali manusia yang sudah menjadi tulang-belulang yang hancur dan perbuatan lainnya yang meremehkan Allah swt.

Selain Dzalim manusia juga bodoh dalam arti tidak mengetahui perintah dan larangan Allah swt, sehingga hidupnya  tidak mengikuti petunjuk yang benar dan aturan-aturan yang telah Allah swt tetapkan atau  semaunya sendiri dan yang lebih parah lagi sesungguhnya atau yang paling bodoh (jahil hakiki) adalah orang yang mengerti, faham perintah namun tidak dilaksanakannya

dan mengetahui larangan namun justru dikerjakannya karena itu tidak heran bila masjid sepi tempat hiburan ramai terlebih waktu sholat subuh,

sementara orang yang katanya cerdik pandai para pejabat bergiliran mengisi ruang hadir KPK atau kepolisian karena kasus korupsi, narkoba, pelecehan sexual dll.   

#3. Karakter Manusia menurut Al-Qur’an ke 3  adalah lemah

Sifat Manusia lemah Qs. An-Nisa (4) : 28


يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُخَفِّفَ عَنْكُمْ وَخُلِقَ الإنْسَانُ ضَعِيفًا

Artinya : “Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.”

          Semua manusia bersifat lemah, lemah fisiknya, lemah akalnya juga lemah hatinya karena itu aneh apabila ada manusia yang sombong, itu menunjukan bahwa dia tidak mengerti asal usulnya ,

bukankah ketika lahir dalam keadaan tidak berdaya dan tidak dapat bertahan hidup tanpa adanya pertolangan dan bantuan fihak lain? Dan disadari atau tidak kondisi ini akan kembali dia alami manakala diberi usia yang panjang

fisik kembali lemah asalnya waktu bayi tidak dapat berjalan nanti juga akan sama hanya dipembaringan, asalnya tidak bergigi nantipun gigi akan permisi satu-satu, tadinya tidak mengerti apa-apa nantipun diusia yang lanjut akan pikun dan begitu seterusnya.


#4. Karakter manusia menurut Al-Qur’an ke 4  adalah Pelupa


Sifat Manusia adalah lupa Qs. Thoha (20) :115


وَلَقَدْ عَهِدْنَا إِلَى آدَمَ مِنْ قَبْلُ فَنَسِيَ وَلَمْ نَجِدْ لَهُ عَزْمًا


Artinya : “Dan sesungguhnya telah Kami perintahkan kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak Kami dapati padanya kemauan yang kuat.”
         
Lupa yang wajar  adalah bagian dari nikmat  karena bila kita tidak pernah lupa kita akan stress, orang yang selalu ingat dengan hal yang menggelitik terus menerus maka sepanjang hari akan selalu senyum-senyum sendiri, tertawa sendiri kemudian ngobrol sendiri,

orang yang selalu mengingat kesedihannya dia akan selalu murung dan sedih, melamun curhat dll demikian pula orang-orang yang selalu mengingat kesalahannya akan ketakutan yang  tidak berujung

untuk itu beruntung bila kita masih diberi lupa yang wajar sehingga kita bisa beraktifitas normal dan dapat tidur pulas.

          Sering lupa atau suka lupa adalah musibah karena itu jangan membiasakan diri untuk pura-pura lupa bila memang tidak lupa dan pelihara akal agar tetap dalam kondisi baik dengan tidak merusaknya

seperti mengkonsumsi menuman keras atau narkoba dan latih otak agar senantiasa ingat dengan sering-sering menghafal Al-Qur’an dan banyak-banyak dzikir mengingat dan menyebut Asma Allah swt.

#5. Karakter Manusia menurut AL-Qur’an ke 5 ialah tergesa-tergesa

Sifat Manusia tergesa –gesa Al-Isro (17) : 11

وَيَدْعُ الإنْسَانُ بِالشَّرِّ دُعَاءَهُ بِالْخَيْرِ وَكَانَ الإنْسَانُ عَجُولا

Artinya : “Dan manusia berdoa untuk kejahatan sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.

          Tergesa-gesa datangnya dari syaitan dan bersabar dari  Allah, orang sering melihat orang sukses dari sisi kesuksesannya pada saat memetik hasilnya bukan proses orang tersebut meraih kesuksesan

yang  pada umumnya didapat melalui proses yang panjang dan berliku serta penuh dengan ujian dan hambatan yang harus dihadapi dengan sabar  dan yakin bahwa badai pasti berlalu,  habis gelap akan terbit terang.Sebagaimana janji Allah dibalik kesukaran akan ada kemudahan.

Manusia umumnya ingin hal yang serba cepat atau instan seperti makan cabai begitu digigit akan langsung terasa pedasnya, ssehingga banyak yang ingin sukses mengambil jalan pintas

dengan menghalalkan segala cara akibatnya banyak orang yang tidak jujur dalam mengejar impiannya seperti mencuri, menipu, korupsi, memfitnah, salaing menjatuhkan dll demi untuk segera meraih kesuksesan.    

kenikmatan akan dia dapatkan. sehingga banyak orang yang ingin sukses

#6.  Karakter manusia menurut Al-Qur’an ke 6 berkeluh kesah dan kikir

Sifat manusia Keluh kesah  dan kikir Qs. AL-ma’arij (70) : 19-21

       وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا    إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا    إِنَّ الإنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا    


Artinya : “ 19. Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. 20. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, 21. dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,”

          Mengeluh dengan yang sedikit  lupa dengan yang banyak, mengeluh dengan yang banyak karena melihat  ada yang lebih banyak pada orang lain, mengeluh dengan sedikit rasa sakit

lupa dengan kesehatan yang ada, begitu seterusnya selama manusia masih hidup dan tidak memiliki rasa cukup tidak akan berhenti dari sifat keluh kesah  begitulah kebanyakan manusia.

          Berkeluh kesah dikala kurang namun dikala berlebih kikir, sifat kikir dilatar belakangi karena rasa memiliki dan mencintai terhadap harta yang amat sangat dan adanya pemikiran bahwa harta yang dimilikinya adalah hasil kerja kerasnya semata

sehingga tidak perlu mematuhi perintah Allah untuk berbagi disamping itu bila dia harus membagikannya maka akan mengurangi jumlah hartanya yang dimiliknya.  

قُلْ لَوْ أَنْتُمْ تَمْلِكُونَ خَزَائِنَ رَحْمَةِ رَبِّي إِذًا لأمْسَكْتُمْ خَشْيَةَ الإنْفَاقِ وَكَانَ الإنْسَانُ قَتُورًا


Artinya : “Katakanlah: "Kalau seandainya kamu menguasai khazanah rahmat Tuhanku, niscaya khazanah itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya". Dan adalah manusia itu sangat kikir.”(Qs. Al-Isro (17) : 100)

#7. Karakter manusia  menurut Al-Qur’an ke 7 adalah Cinta Dunia

Sifat Manusia cinta kesenangan dunia Qs. Ali Imron(3) :14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Artinya : “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”
         
Siapa orangnya yang tidak suka punya pendamping hidup yang cantik, pintar dan  sholeh?, siapa yang tidak ingin punya anak-anak yang sehat cerdas, sholeh berprestasi dan membanggakan?, 

siapa yang tidak senang bila mempunyai harta yang banyak, kendaraan yang mewah, rumah yang indah kebun yang luas, perusahaan yang besar ?, 

Dunia adalah surga bagi orang kafir dan penjara bagi orang beriman, oleh karena itu jangan sampai orang beriman tertipu dengan kesenangan yang sesaat didunia ini dengan sibuk mencari kesenangan dunia hingga melupakan akhirat,

kita hidup didunia tidak lama karena itu jadikan kesenagan dunia yang Allah berikan untuk menjadi sarana kita mendapatkan kebahagian akhirat shingga dunia akhirat kita bahagia dan selamat.

#8. Karakter manusia menurut Al-Qur’an ke 8 adalah kebanyakan tidak bersyukur

Sifat manusia kebanyakan tidak bersyukur Qs. Al-Mu’min (41) : 61

اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَالنَّهَارَ مُبْصِرًا إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَشْكُرُونَ

Artinya : “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.

Bersyukur artinya menerima pemberian dengan baik dan menggunakan pemberian tersebut sesuai dengan kegunaannya,

bersyukur diberikan harta dengan menggunakan harta tersebut untuk dibelanjakan dijalan Allah, untuk pribadi, keluarga dan juga berfungsi sosial dengan berzakat dan shodaqoh lainnya.

Bersykur terhadap nikmat sehat adalah dengan menjaga kesehatan dengan baik dan menggunakannya untuk beribadah secara maksimal,

Jika manusia dapat bersyukur maka nikmat tersebut akan bertambah dan sebaliknya dengan mengingkari maka azab menanti didunia dan akhirat.

#9. Karakter manusia menurut Al-Qur’an ke 9 ialah gemar bebrbuat kerusakan dan  saling membunuh

Sifat manusia gemar berbuat kerusakan dan menumpahkan darah Qs. Al-Baqoroh (2) : 30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لا تَعْلَمُونَ

Artinya : “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

          Disaat musim kemarau kebakaran dan kabut asap, dan disaat musim hujan kebanjiran dimana-mana adalah dua pemandangan yang selalu bergiliran sepanjang musim,

dan kedua musibah ini contoh nyata yang terjadi di negri ini akibat dari ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab secara berjamaah mulai dari pekerja sampai ke pengusaha nakal, mulai dari rakyat jelata sampai ke pejabat yang nakal juga.

Membunuh baik karena peperangan atau alasan dendam pribadi dengan berbagai motif merupakan berita sehari-hari yang tidak mengherankan lagi,

bahkan lebih sadis dan lebih mengerikan karena ternyata banyak diantara pelakunya adalah orang-orang yang mengenal dan dekat dengan korban seperti itu pulalah awal pembunuhan yang di contohkan oleh putra Adam as Qabil yang membunuh adiknya Habil.

#10. Karakter manusia menurut Al-Qur’an ke 10 adalah suka berselisih

Sifat Manusia berselisih pendapat Qs. Hud (11) : 118

وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ النَّاسَ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلا يَزَالُونَ مُخْتَلِفِينَ

Artinya : “Jika Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat.”

          Berselisih hal yang biasa bagi manusia, rambut boleh sama hitam namun pemikiran pasti berbeda mulai dari urusan yang terkecil sampai urusan yang terbesar, mulai dari urusan pribadi sampai urusan bernegara bahkan dalam hal agamapun

para ahli kitab dalam menanggapi suatu hukum  berbeda-beda  dalam menafsirkannya sesuai dengan niat, kecendrungan  dan keilmuan masing-masing sampai akhirnya tidak heran bila yahudi akan berpecah menjadi 71 golongan , nasrani menjadi 72 golongan dan kaum muslimin berpecah menjadi 73 golongan.    

#11. Karakter manusia menurut Al-Qur’an ke 11 adalah ingkar

Sifat Manusia Ingkar Qs. Ar-Rum (30) : 8

أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوا فِي أَنْفُسِهِمْ مَا خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُسَمًّى وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ بِلِقَاءِ رَبِّهِمْ لَكَافِرُونَ

Artinya : ”Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka?, Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya.

Anak yang diasuh, dibesarkan, dididik  suatau keluarga dalam suasana keprihatianan  kemudian menuai kesuksesan sehingga tidak terasa suasana pahit getir kehidupan dimasa prihatin dulu

terkadang membuat orang bersangkutan lupa pada  orang tua yang  telah berjuang menjadikannya sukses seperti sekarang  karena malu melihat keadaan  orang tuanya.

Ini hanya contoh kecil saja betapa mudahnya manusia mengingkari nikmat yang diterimanya padahal orang tuanya masih ada  maka tidak heran bila kepada Allah yang dianggapnya perkara yang gaib akan lebih mudah buat dirinya untuk mengingkarinya.

Berbeda kondisinya kepada atasan tempat ia bekerja lebih ditakuti dan dihormati karena menganggap dia lah pemberi rizki untuk diri dan keluarganya.

#12. Karakter manuia menurut Al-qur’an ke 12 adalah banyak membantah

Sifat Manusia  Banyak membantah Qs. Al-Kahfi (18) : 54

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَذَا الْقُرْآنِ لِلنَّاسِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ وَكَانَ الإنْسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلا

Artinya : “ Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Qur'an ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.”

          Membantah adalah pekerjaan orang yang malas, orang yang merasa benar dan membantah juga perbuatan orang yang tidak taat, pada saat terdengar kumandang azan banyak alasan dan bantahan untuk tidak bersegera menunaikannya,

bangun kesiangan, masih ngantuk, kerjaan lagi tanggung, cape dan lain-lain, perintah shodaqoh, zakat harta masih sedikit, diperintah haji sibuk kerjaan masih menumpuk dll alasan untuk membenarkan kesalahaannya.

          Sifat suka membantah  dicontohkan oleh kaum nabi Musa ketika disuruh berperang melawan penjajah malah nyuruh nabi musa perang sendiri karena mereka takut mati,

disuruh meminta ampun masuk negri palestina malah minta makanan, sudah dapat hidangan dari langit minta makanan lain,  disuruh motong sapi betina nanya sapi yang bagaimana, apa warnanya, bagaimana hakikatnya dan seterusnya. 

#13. Karakter Manusia menurut Al-Qur’an ke 13 adalah sering melakukan kesalahan

Sifat Manusia tidak terbebas dari kesalahan Qs. Yusuf (12) : 53

وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لأمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلا مَا رَحِمَ رَبِّي إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : “Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
         
Manusia tempatnya salah dan dosa, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang yang mengakui kesalahaannya, meminta maaf kepada sesama manusia, dan mohon ampun kepada Allah,
berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan selalu memetik hikmah dari perbutannya serta memperbaiki keadaan dirinya karena kesempurnaan hanyalah milik Allah swt yang pencipta.

Waw lohu a’lam bis showab. Demikan  13 karakter manusia menurut Al-Qur’an yang dapat di share semoga  bermanfaat.

Dengan  memahami  sifat-sifat umum karakter manusia ini kita dapat memaksimalkan potensi posisif dan meminimalisir potensi negatifnya sehingga dapat kembali kepada Allah dalam keridhoaannya, amiin