Iklan

Wednesday 21 June 2017

Hukum,Cara Sholat Idul Fitri dan sunah-sunahnya



Hukum, dan Cara Sholat Idul Fitri serta sunah-sunahnya

A. Hukum Sholat idul Fitri
Hukum,Cara sholat idul fitri &sunahnya
Apakah Hukum mengerjakan sholat idul fitri, mengingat demikian antusias dan bersemangatnya kaum  muslimin baik tua maupun muda, besar atau kecil, pria atau wanita berbondong-bondong menuju masjid atau lapangan guna melaksanakan shalat ini.

Hukum sholat idul fitri adalah sunah Muakadah ( yang diutamakan) berdasarkan hadist, Dari Abu Umairah Ibnu Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu dari paman-pamannya di kalangan shahabat bahwa suatu kafilah telah datang,

lalu mereka bersaksi bahwa kemarin mereka telah melihat hilal (bulan sabit tanggal satu), maka Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan mereka agar berbuka dan esoknya menuju tempat sholat mereka. (Hr. Ahmad dan Abu Dawud).

B. Cara Sholat Sunah Idul Fitri
Shalat sunat idul fitri pada dasarnya tidaklah jauh berbeda dengan sholat fardu atau sholat sunat lainnya hanya yang membedakannya adalah :

1.   Waktunya di pagi hari setelah matahari terbit ditanggal 1 syawal,
2.   Dilaksanakan Hanya setahun sekali
3.   Dikerjakan secara berjama’ah,
4.   Setelah sholat dilaksanakan khotib naik mimbar untuk berkhutbah.
5.   Dapat dilaksanakan d masjid atau di lapangan

Cara melaksanakan sholat sunah Idul Fitri berjamaah adalah :
1.   Niat Akan melaksanakan sholat sunah idul fitri karna Allah swt
2.   Membaca takbiratul Ihrom sambil mngangkat dua tangan kemudian bersedkap.
3.   Membaca do’a Iftitah
4.   Membaca takbir 7 kali pada rekaat pertama dan 5 kali pada rakaat kedua berdasarkan hadist nabi saw:

Dari Amar Ibnu Syuaib dari ayahnya dari kakeknya Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Takbir dalam sholat hari raya Fithri adalah tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua, dan bacalah al-fatihah dan surat adalah setelah kedua-duanya." Dikeluarkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi mengutipnya dari shahih Bukhari.

5.   Dan diantara takbir tersebut boleh diam saja boleh pula membaca tasbih (subhanallah), tahmid (Alhamdulillah), tahlil (la ilaha ila Allah)  dan takbir (Allahu Akbar)
6.   Membaca surat Al-Fatihah

7.   Membaca Surat Al-A’la(87) atau Qaf pada rekaat pertama dan Surat Abasa(88) atau Iqtarabat pada rakaat kedua atau surat lainnya yang imam hafal lancar

8.   Ruku,sebagaimana sholat lima waktu  
9.   I’tidal sebagaimana sholat lima waktu 

10.Sujud sebagaimana sholat lima waktu
11.Duduk Iftirosy antara dua sujud sebagaimana sholat lima waktu
12.Sujud kemabali sebagaimana sholat lima waktu

13. Berdiri dan lakukan rekaat kedua dengan diawali 5 takbir dan seterusnya tidak berbeda dengan rakaat pertama sebagaimana sholat lima waktu.

14. Duduk tawaruk (tashahud ahir ) dan membaca tahiyat
15. Membaca salam dua kali dan menoleh kekanan dan kekiri.

C. Sunah-sunah Idul Fitri
Berikut ini amalan-amalan sunah yang di contohkan dan dianjurkan Rasulullah saw untuk dikerjakan yang berkaitan dengan sholat idul fitri yaitu :

#1. Mandi seperti mandi wajib sebelum berangkat sholat 
#2. Disunahkan untuk sarapan sebelum sholat idul fitri berdasarkan hadist Nabi saw Dan Dari Ibnu Buraidah dari ayahnya Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak keluar pada hari raya Fithri sebelum makan dan tidak makan pada hari raya Adlha sebelum sholat. (Hr. Ahmad dan Tirmidzi).

#3. Memakai pakaian yang terbaik dan bagi laki-laki disuanahakan mnggunakan harum-haruaman

#4. Berjalan kaki sambil membaca kalimat takbiran untuk mengagungkan Allah sebagai siar menuju masjid, Ali Radliyallaahu 'anhu berkata: Termasuk sunnah Rasul adalah keluar menuju sholat hari raya dengan berjalan kaki. Hadits hasan riwayat Tirmidzi.

#5. Mengambil jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang sholat id sebagai mana hadist nabi saw Jabir Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pada hari raya biasanya mengambil jalan yang berlainan. Dikeluarkan oleh Bukhari.

#6. Dianjurkan untuk mengajak Sholat Id semua wanita yang haid sebagaimana hadist Ummu Athiyyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Kami diperintahkan mengajak keluar gadis-gadis dan wanita-wanita haid pada kedua hari raya untuk menyaksikan kebaikan dan dakwah kaum muslimin, wanita-wanita yang haid itu terpisah dari tempat sholat. Muttafaq Alaihi.

#7. Sampai dimasjid duduk dan ikut bertakbir tanpa ada sholat sebagai mana hadist nabi Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sholat pada hari raya dua rakaat, beliau tidak melakukan sholat sebelum dan setelahnya. Dikeluarkan oleh Imam Tujuh.

#8. Shalat dua rakaat setelah sampai dirumah kembali dari sholat id berdasarkan hadist Dari Abu Said Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak melakukan sholat apapun sebelum sholat hari raya, bila beliau kembali ke rumahnya beliau sholat dua rakaat. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dengan sanad hasan.


Demikan Hukum dan cara sholat idul fitri serta sunah-sunahnya semoga bermanfaat,, Amin ya Robal A’lamain